Bisnis Online

Bisnis Online
Ingin bekerja di rumah dengan gaji kantoran ? Ingin selalu berdekatan dengan sang buah hati ? Solusinya ada disini...

Membersihkan Lemari Kayu Pasca Banjir

Bunda.. pusing ngga sih.. kalau rumah kita tergenang banjir? Bukan hanya kegiatan sehari - hari jadi terganggu ketika banjir berkunjung, tapi selepas ia pergi.. banjir pun menyisakan banyak kenangan dan jejak di rumah kita, termasuk jejak pada barang - barang furniture yang terbuat dari kayu.

Salah satu yang agak susah diatasi adalah lemari kayu yang jika sudah terendam banjir, kayunya menjadi lembab, lapuk dan bau. Nah berikut ini adalah tips untuk membersihkannya dan membuatnya bebas bau.

Membersihkan Perabot Kayu :

1. Beberapa perabot kayu mungkin terbuat dari beberapa rangka yang disambung. Yang harus Anda lakukan adalah lepaskan rangka-rangka kayu tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda lebih mudah membersihkan.

2. Lap perabot kayu penggunakan kain yang lembut. Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan, gunakan lap yang terbuat dari bahan karet.

3. Jika kayu dalam kondisi lembab dalam waktu ama, biasanya akan menimbulkan bintik-bintik pada batang kayu. Bintik-bntik yang bisa berwarna putih atau hitam ini adalah jamur. Untuk membersihkannya, lap langsung dengan menggunakan cairan anti jamur yang banyak dijual di took-toko bangunan. Untuk mengatasi jamur pada lemari berbahan particle board, bersihkan permukaannya dengan menggunakan lap bersih yang sudah diberi alkohol. Nah, jamur di lemari pun akan lenyap

4. Anda juga bisa menambahkan cairan khusus anti lapuk pada kayu sehingga perabot kayu Anda tidak mudah keropos.

5. Apabila perabot kayu Anda menjadi kusam karena lama terendam, olesi dengan minyak kemiri. Caranya, ambil kemiri, tumbuk sampai halus. Bungkus kemiri dengan kain bersih, pijit bungkusan tersebut sampai minyak kemiri muncul dari pori-pori kain. Gunakan minyak tersebut untuk mengolesi / menggosok perabot kayu.


Apa cukup dengan dibersihkan saja? Bagaimana mengatasi bau lemari Anda?

Ini dia caranya bun.. ambil beberapa batang kapur tulis lalu letakkan di sudut-sudut lemari. Kapur dapat membantu menyerap air hingga lemari Anda pun dapat terhindar dari kelembaban yang berlebihan. Untuk membantu menghilangkan bau, gantungkan pengharum lemari atau kamper (kampernya digantung ya bun, jangan disebar di alas lemari)

Selamat mencoba :D