Bisnis Online

Bisnis Online
Ingin bekerja di rumah dengan gaji kantoran ? Ingin selalu berdekatan dengan sang buah hati ? Solusinya ada disini...

Tips Agar Anak tidak Jajan

Bunda, sudah menjadi rahasia umum bahwa aneka makanan yang dijajakan di warung - warung, sekolah, pinggir jalan dan dijajakan oleh penjaja keliling memiliki kandungan yang rawan bagi kesehatan anak - anak. Mulai dari zat pengawet berbahaya, zat pewarna sintetis dan pemanis buatan hingga bahan - bahan yang tidak lazim digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan manusia, seperti tomat dan cabe busuk, dedak untuk pakan ayam, dan air sungai yang sudah tidak jernih lagi.. iiiyyyy..



Bagaimana bunda, cara supaya si kecil mengurangi bahkan tidak jajan sama sekali di luar rumah? Berikut ada beberapa tips yang bisa bunda praktekan ya..
  •     Biasakan makan pagi. Hal ini efektif untuk mengurangi nafsu jajan pada anak dan remaja.
  •     Membawa bekal. Dengan membawa bekal, selain kebersihan terjaga, nutrisi juga dijamin         seimbang.
  •     Sediakan kudapan/camilan sehat di rumah, bisa berupa buah, kue rendah kalori atau yoghurt.
  •     Variasi makanan di rumah. Menu yang berganti-ganti membuat kita tidak cepat bosan dan mencari pilihan lain di luar rumah, yang belum tentu memenuhi syarat gizi. Ini bisa diterapkan juga di kantin-kantin sekolah dengan menyediakan makanan yang sehat yang variatif dan bergizi, sehingga murid tidak membeli jajanan di luar sekolah.
  •     Jangan biasakan mengganti makanan dengan jajanan.
  •     Jangan terlalu sering makan di restoran fast food. Makanan yang ditawarkan umumnya mengandung garam yang tinggi dan penyedap rasa berlebih. Kandungan kalorinya juga lebih besar disbanding kandungan nutrisinya. Protein, mineral dan vitaminnya pun sangat rendah.