Bisnis Online

Bisnis Online
Ingin bekerja di rumah dengan gaji kantoran ? Ingin selalu berdekatan dengan sang buah hati ? Solusinya ada disini...

TIPS

Cara Mengolah Bihun

Bunda tahu bihun kan? Atau sering juga disebut mie putih :D Bedanya dengan mie, kalau mie umumnya terbuat dari tepung terigu, sedangkan bihun adalah sejenis mie yang terbuat dari beras. Bihun biasanya dijual dalam keadaan kering. Bunda dapat dengan mudah menemukan bihun di pasar tradisional, pasar swalayan maupun warung terdekat. 
Sebelum siap diolah menjadi hidangan lezat, bihun kering harus direndam dahulu dalam air mendidih selama kurang lebih  3 menit. Lalu tiriskan bihun sehingga teksturnya melunak. Jika sudah lunak, bihun siap diolah menjadi aneka masakan. 
Bunda, bihun yang telah siap diolah itu sebaiknya tidak disimpan terlalu lama ya, alias langsung diolah saja. Tapi kalau ternyata bunda tiba - tiba ada keperluan mendadak yang menyebabkan proses masak tertunda, boleh juga bihun tadi disimpan dulu. Bihun yang siap olah hanya tahan satu hari jika disimpan pada suhu ruangan ya. Namun, jika dimasukan ke dalam kulkas bisa bertahan hingga 4 - 5 hari. Oh ya, semua air pada saat meniriskan tadi harus dibuang ya dan simpan bihun dalam wadah bersih kedap udara.

Cara Membuat Kaldu Ceker  
Bunda, tahu kaldu kan? Kaldu yang biasanya terbuat dari daging ayam, sayur, ikan  maupun daging sapi lezat loh jika ditambahkan pada bubur nasi yang kita buat atau pada sayur sop maupun mie kocok. Tapi tips kali ini adalah membuat kaldu kaki ayam alias ceker :D
Cara membuatnya cukup mudah dan cepat. Masak kurang lebih 6 buah (atau sesuai selera) ceker dengan 1 liter air mendidih hingga airnya berkurang menjadi setengahnya saja. Kemudian, tambahkan 1 batang daun bawang dan 1 batang seledri.  Biarkan diatas api sedang selama kurang lebih 15 menit. Saring kaldu sebelum dicampur dengan masakan lain. 
Kaldu yang telah disaring juga bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan sewaktu - waktu. 
  
Tips Memilih Singkong yang Baik untuk Keripik

Pada prinsipnya semua jenis ketela/singkong dapat dijadikan keripik/ceriping, namun jenis ketela yang paling baik untuk dibuat keripik adalah jenis ketela manis : ketela mangi, ketela valenca dan ketela begog. Ketiga jenis ketela ini rasanya manis dengan kadar racun yang sedikit dan sangat baik untuk dibuat keripik. 
Untuk daerah sukabumi lebih dikenal sebagai singkong jenis : Prelek, Manggu dan Gading 

Tips Menjaga Khasiat Teh
Komposisi seimbang antara jumlah air dan jumlah teh merupakan prinsip dasar cara menyeduh teh yang baik. Untuk satu cangkir ukuran 300 ml, tambahkan satu sendok teh.
Teh juga pas bila dicampur dengan susu karena dapat mengurangi efek stimulan dari teh. Hal ini disebabkan oleh kalsium susu yang mengikat zat - zat stimulan pada teh. 
Teh yang sudah diseduh dapat juga ditambahkan lemon untuk meminimalkan terjadinya kerak pada dinding usus. 
Simpanlah teh dalam wadah tertutup dan kering agar aromanya tetap terjaga dengan baik.