Bisnis Online

Bisnis Online
Ingin bekerja di rumah dengan gaji kantoran ? Ingin selalu berdekatan dengan sang buah hati ? Solusinya ada disini...

Ragam Enuresis

Bunda, sebagian anak mengalami apa yang disebut enuresis 'primer'. Artinya, mereka mengompol sejak usia balita. Enuresis primer juga dapat berhubungan dengan kelainanseperti attention deficit hyperactivity disorder (AD/HD) dan anemia sel sabit.

Enuresis ini tidak berhubungan dengan bagaimana didikan penggunaan kamar mandi seorang anak loh bun. Jadi orang tua tidak perlu merasa bersalah dan merasa telah melakukan sesuatu yang salah bila anak mengalami hal seperti ini.

Sedangkan sejumlah kecil anak yang lain mengalami enuresis 'sekunder', yang berarti bahwa mereka telah berhenti mengompol, setidaknya untuk beberapa bulan, tetapi kemudian mengompol lagi. Beberapa faktor yang mempengaruhi enuresis sekunder antara lain masalah medik seperti infeksi saluran kemih atau diabetes. Bisa juga masalah di lingkungan keluarga yang dapat menyebabkan stres, seperti perceraian orang tua atau masalah di sekolah. Meski demikian bun, penyebab spesifik mengompol lebih sering tidak diketahui.

Sebagian besar anak mengalami enuresis jenis nokturnal (malam hari). Mereka mengompol selama mereka tidur. Kadang - kadang beberapa anak mengompol pada siang hari saat mereka terjaga (enuresis diurnal). Mereka mungkin memiliki kandung kemih yang tidak stabil, yang berhubungan dengan infeksi saluran kemih. Anak - anak yang mengalami hal ini dapat dirujuk ke dokter anak dan mungkin akan diberi obat selama beberapa waktu yang dapat melemaskan otot kandung kemih.  Sembelit juga dapat berhubungan dengan enuresis. Umumnya, hanya dengan merubah menu makan sehari - hari sudah dapat menyembuhkan konstipasi ringan. Tetapi pada beberapa kasus berat, konstipasi memerlukan perawatan khusus sebelum masalah enuresisnya dapat diatasi.