Bisnis Online

Bisnis Online
Ingin bekerja di rumah dengan gaji kantoran ? Ingin selalu berdekatan dengan sang buah hati ? Solusinya ada disini...

Rasa Bersalah Ibu yang Bekerja di Rumah

"Saya seorang ibu yang bekerja di-rumah. Anak-anak saya adalah 4 dan 8. Saya mengalami kesulitan menyeimbangkan pekerjaan dan tugas keibuan. Si kecil saya tidak mengerti bahwa 'Ibu perlu bekerja' dan sang kakak ingin aku meninggalkan semuanya ketika ia bersama - sama saya, tapi itu tidak selalu mungkin. Apa yang bisa saya lakukan?"
Karena Anda hadir secara fisik, anak-anak secara alami mengharapkan orang tua yang bekerja di rumah, selalu siap untuk melayani apapun keinginan mereka. Anak yang lebih muda tidak memiliki keterampilan (kesabaran, kemampuan untuk diam) yang memungkinkan kita untuk dengan mudah memenuhi kebutuhannya dan menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan kita secara bersamaan.

Beberapa taktik yang dapat Anda terapkan :

     Sebuah ruangan yang khusus Anda jadikan sebagai kantor (sebaiknya dengan pintu) secara visual dapat menunjukkan bahwa Anda tidak bisa diganggu ketika Anda berada di dalamnya dalam keadaan pintu ruangan tertutup. Anak Anda yang lebih tua akan memahaminya, tetapi pintu ruangan yang tertutup tidak selalu bisa diterapkan pada anak kecil.

     Anda bisa mengajaknya untuk berpura - pura menjadi Anda. Aturlah ruang kerja khusus untuknya di dekat Anda. Dia bisa mewarnai, membaca atau mengetik pada komputer mainan nya seperti Anda. Dengan cara ini juga Anda jadi tidak perlu khawatir mengenai keberadaan si kecil, karena dia selalu berada dalam jangkauan mata Anda.

     Membatasi panggilan telepon pada waktu Anda bersama dengan si kecil. Si kecil lebih mungkin untuk mengganggu Anda ketika ia melihat dan mendengar Anda memperhatikan orang lain daripada jika Anda hanya memberikan perhatian pada komputer (Kenapa bukan aku, begitu pikirnya).

     Minta bantuan mereka dengan tugas-tugas sederhana. Mereka bisa menjadi sangat sibuk dengan kegiatan mereka sendiri tapi ada kalanya juga mereka menjadi bosan. Jika si kecil merasa bosan, Anda dapat setidaknya mencoba melibatkan mereka dalam pekerjaan Anda.

     Aturlah jadwal Anda, jika mungkin, untuk bebas selama setengah jam ketika anak Anda yg lebih besar datang dari sekolah. Ini adalah waktu yang sangat penting untuk menyambung kembali komunikasi Anda dengannya dan mendengar tentang kegiatan sehari-hari nya di sekolah. Biarkan dia tahu bahwa saat itu adalah saat beristirahat' untuk Anda juga, waktu Anda untuk bersantai dengannya. Dengan demikian ia kemungkinan besar tidak akan membenci Anda jika Anda harus kembali bekerja dan sibuk tanpanya.
Dia akan terus melakukan aktifitasnya dan Anda juga bisa melanjutkan perkerjaan Anda!

by : Maureen