Bisnis Online

Bisnis Online
Ingin bekerja di rumah dengan gaji kantoran ? Ingin selalu berdekatan dengan sang buah hati ? Solusinya ada disini...

Kebun Raya Bogor Awetkan Bunga Bangkai

Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, menggandeng organisasi hortikultura asal Korea Selatan untuk mengawetkan bunga bangkai (Amorphophallus titanum) dalam kondisi mekar. Ini untuk memberi kesempatan masyarakat agar bisa melihat bunga langka itu dalam kondisi mekar.
Menurut Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor Mustaid Siregar, organisasi yang akan digandeng itu sudah berpengalaman mengawetkan bunga. Mereka punya teknologi yang memungkinkan warna bunga bisa dipertahankan agar tidak jauh berbeda dari kondisi aslinya. Kerjasama itu sedang dalam pembicaraan internsif.
Bunga bangkai hanya berbunga 3 - 4 tahun sekali dalam waktu sekitar sepekan sebelum kembali layu. Bunga itu memiliki beberapa fase hidup, seperti berbunga, vegetatif dan umbi (dorman). Jika mekar, bunga itu bisa mencapai ketinggian 2 -3 meter.
Sofi Mursidawati, Kepala Subbagian Jasa dan Informasi Kebun Raya Bogor yang ditugasi mengurus kerja sama itu, mengaku pihaknya mendapat beberapa kendala tehnis yang harus dibicarakan. Kendala itu antara lain mengenai izin mengawetkan bunga bangkai karena termasuk tanaman langka. Selain itu, perlu ada pembicaraan lokasi pengawetan dan kebutuhan bahan kimia yang cukup besar untuk mengawetkan bunga tersebut.


Sumber : Kompas