Bisnis Online

Bisnis Online
Ingin bekerja di rumah dengan gaji kantoran ? Ingin selalu berdekatan dengan sang buah hati ? Solusinya ada disini...

Memandikan Bayi

Bayi sebaiknya dimandikan 1 - 2 kali sehari. Waktunya disesuaikan dengan kondisi bayi. Suhu air yang digunakan untuk mandi sebaiknya hangat. Tujuannya supaya perbedaan suhu bayi dan suhu air tidak terlalu jauh, bayi tidak menggigil sesudah mandi dan tidak demam kalau airnya dingin.

Untuk mengukur suhu air yang pas, cukup samakan dengan suhu tangan orang dewasa. Siapkan air, masukkan tangan ke baskom. Kalau suhunya sama dengan tangan, berarti itulah suhu air yang sesuai untuk bayi. Ini akan menjaga supaya respon bayi tetap minimal, tidak perlu terlalu beradaptasi.

Sabun yang bagus digunakan adalah semua produk sabun bayi, entah sabun batang maupun cair, karena pH-nya lebih sesuai dengan pH bayi (antara 4,5 - 5) dan biasanya mengandung pelembab (moisturizer). Hindari memakai sabun dewasa. Pada kasus - kasus dimana bayi bermasalah dengan kulitnya, bisa menggunakan sabun yang mengandung hipoalergenik. Sementara untuk sampo bayi, sebaiknya juga menggunakan sampo khusus bayi yang biasanya disediakan satu paket beserta sabun mandi bayi.

Sumber : tabloid NOVA